Jumat, 18 Desember 2020

3 Menu Masakan Sehari hari untuk Keluarga Dirumah

3 Menu Masakan Sehari hari untuk Keluarga Dirumah - Ketika esok hari akan tiba, biasanya kita kebingungan berpikir memasak apa untuk besok. Bertanya kepada anggota keluarga pun terkadang mereka kebingungan. Berikut adalah beberapa menu masakan sehari hari untuk keluarga di rumah, agar kamu tidak kebingunan lagi.

Ayam rica rica

Untuk bahannya kamu siapkan 1/4 ayam potong, daun salam, daun jeruk, serai geprek, lengkuas geprek, secukupnya garam, secukupnya penyedap rasa, secukupnya minyak goreng. Unutk bumbu halus siapkan 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 5 buah cabai merah,  15 bh cabai hijau, 1 ruas ibu jari kunyit, secukupnya cengkeh bubuk, secukupnya ketumbar bubuk.

Cara memasaknya yang pertama rebus ayam setengah matang dan jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Haluskan bumbu halus dan tumis bumbu halus hingga harum, kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera dan masukan serai serta lengkuas geprek. Tambahkan air kaldu dan ayamnya, tunggu agak mendidih lalu masukan daun salam dan daun jeruk. Cicipi rasanya dan rica bumbu rempah siap disajikan.

Gulai tahu

Siapkan bahan, 350 gr tahu putih yang dipotong-potong dan sudah digoreng, 100 gr kacang panjang yang dipotong-potong, 1 batang sereh yang digeprek, 2 lembar daun salam, Jari lengkuas digeprek. Seduh  5 sdm dengan 600 ml air hanga dan sisihkan, dan minyak untuk menumis. Untuk bumbu halusnya siapkan 5 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit merah, 1 ruas jahe, 2 ruas kunyit,  4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, setengah sdt ketumbar bubuk. Lalu untuk bumbunya siapkan setengah sdm garam,  3/4 sdm gula pasir, dan setengah sdm kaldu jamur bubuk.

Cara membuatnya pertama kamu tumis bumbu halus dan sereh, daun salam dan lengkuas sampai harum. Tuang seduhan dan biarkan mendidih. Masukkan tahu dan aduk rata. Biarkan dimasak beberapa saat, lalu masukkan kacang panjang dan aduk kembali. Kemudian masukkan bumbu dan aduk rata. Lalu cicipi rasanya. Takaran bumbu boleh dikurang tambah sesuai selera. Kemudian biarkan dimasak beberapa saat, usahakan kacang panjang tidak terlalu matang. Kalau sudah pas, matikan api dan pindahkan ke mangkuk saji, lalu taburi bawang goreng diatasnya. Gulai tahu pun siap disajikan.

Cumi saus padang

Untuk bahannya siapkan 500 gr squid ring, 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah bawang bombay iris panjang, 1 tangkai daun bawang potong 1 cm, 10 buah cabai rawit iris, 1 ruas jari jahe geprek, 3 lembar daun jeruk iris halus, 4 sdm saus tomat, 3 sdm saus sambal, gula, garam, kaldu, merica bubuk, air secukupnya, minyak goreng secukupnya,. Untuk bumbu halusnya siapkan 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabe merah keriting.

Cara membuatnya pertama cuci bersih cumi dan kucuri dengan perasan jeruk nipis dan diamkan 15 menit. Lalu cuci bersih kembali. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan jahe dan daun jeruk dan tumis hingga bumbu matang. Masukan saus tomat, saus sambal, garam, merica, kaldu bubuk, aduk rata. Lalu masukkan bawang bombay dan cabai potong, kemudian aduk rata hingga bawang dan cabe layu. Beri air secukupnya, lalu cicipi rasanya. Kalau rasa sudah pas masukan daun bawang dan aduk lalu masukkan cumi, aduk rata dengan saus. Dan masak sebentar lalu angkat, sajikan.

Load comments