Sabtu, 15 Juni 2019

Era Digital Bikin Penjualan Batik Melesat

Sejak tanggal 2 Oktober 2009 batik diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Kini perkembangannya luar biasa, baik dari segi promosi dan penjualan.

Batik menjelma sebagai sebuah budaya nasional yang berjalan beriringan dengan budaya modern yang dinamis.

Batik selalu menjadi bagian dari berbagai fase penting kehidupan masyarakat Indonesia, baik kelahiran, pernikahan, dan lain sebagainya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan keunikannya tersendiri yang bisa dilihat dari keragaman motif yang ada. Hal itu menjadikan batik sebagai ciri khas sekaligus persamaan yang menyatukan budaya di Indonesia.

Pemanfaatan Teknologi

Tempat Belanja BatikPerkembangannya saat ini tidak terlepas dari usaha banyak pihak dalam memperkenalkan ke khalayak luas, baik di dalam maupun luar negeri.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya platform e-commerce, masyarakat semakin dimudahkan untuk menjangkau kreator lokal dan pembeli melalui online.

Ketika kreator lokal mulai bangkit mengembangkan diri, marketplace hadir menyediakan sarana untuk berjualan, mempertemukan penjual dan pembeli di seluruh Indonesia.

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia yakni Tokopedia menyediakan ratusan ribu ragam produk batik dari ribuan merchant (penjual) dari seluruh Indonesia.

“Angka penjualan batik di Tokopedia meningkat dengan sangat signifikan setiap tahunnya. Pertumbuhan penjualan batik per tahun di Tokopedia pada 2018 tercatat meningkat 35 kali dari angka di 2014,” tulis Tokopedia, Selasa (2/10/2018).

Pada tahun 2014 tercatat penjualan batik di Tokopedia mencapai 49,4 persen kemudian melonjak tajam pada 2017 hingga mencapai 446,3 persen. Terdapat pula sebaran kontribusi provinsi dalam penjualan di Tokopedia pada tahun ini.

Penjualan tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Menurut data yang dihimpun oleh Tokopedia, pada tahun ini terdapat 10 provinsi dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia. Persebaran provinsi tersebut berasal dari tiga pulau besar di Indonesia yakni Jawa, Sumatera, dan Bali.

Kenaikan tersebut menunjukkan bagaimana keseriusan para kreator lokal dalam memproduksi produk, dan diikuti dengan antusiasme masyarakat Indonesia dalam berbelanja batik.

Kreator lokal mendapatkan kesempatan untuk menjual produk yang mereka miliki kepada khalayak yang lebih luas.

 

Load comments