Senin, 08 Juli 2019

6 Hal Sepele Tapi Justru Bisa Bikin Karier Hancur

Siapa sih yang gak mau punya karir cemerlang bersinar bak bintang-bintang terang di gelapnya langit malam. Tapi kenyataannya baik sadar maupun gak, banyak orang melakukan hal-hal yang menghancurkan karirnya sendiri.

Apa saja sih 6 hal yang bukan gak mungkin bikin karir kamu hancur.

1. Gak Peduli

Bersikap masa bodoh gak mau terima masukan dan gampang mutung alias ngambek kalau diberi tahu tentang kesalahan dalam pekerjaan. Pelihara saja sikap yang seperti ini dan niscaya kamu gak bisa maju.

Ingat ya, gak ada manusia yang sempurna. Suatu saat kita pasti berbuat kesalahan. Emang sh pada dasarnya sulit buat setiap manusia untuk menerima kritikan, apalagi kalau agak keras. Ada penolakan dan ego diri yang rasanya gak terima.

Tapi, kalau kamu mau sedikit saja mendengarkan dan mengendalikan emosi, banyak loh masukan yang bisa bermanfaat. Terkadang kita gak bisa memikirkan hal-hal tertentu dan itu bisa diperoleh dari orang lain.

2. Terlalu Cepat Puas

Banyak orang terjebak dengan rasa puas yang terlalu cepat. Berpuas diri dengan posisi dan scope pekerjaan yang gitu-gitu aja. Gak mau belajar melakukan hal-hal lain di luar job desc, stagnan, monotn dan gak mau meningkatkan kemampuan.

Sudah mencapai satu keberhasilan atau hasil bagus dalam pekerjaan, lalu merasa sudah jadi juara dunia hehehe. Bangga boleh, tapi jangan gak mau berusaha mencapai keberhasilan lain yang lebih tinggi dong.

Persaingan dunia kerja keras loh, bisa-bisa kalau kayak gitu bukan gak mungkin tenaga kamu bakal diganti oleh orang lain yang lebih baik.

Menemukan Karier yang Tepat 2

3. Hidup Gak Seimbang

Serius sama kerjaan dan fokus apalagi berdedikasi emang penting. Tapi, kalau gak punya waktu untuk diri sendiri kamu bakalan stres dan malah terlalu kaku. Emangnya mau jadi orang yang gak menyenangkan di dunia kerja karena kayak robot. Suka marah dan gak bisa diajak bercanda. Ih malesin banget!

Sebaliknya, kelewat santai buat hilangin stres sampai lupa diri dan jadi cenderung malas atau lalai juga pastinya bakal menghancurkan karir. Ini mah gak tahu diri dan gak bertanggungjawab namanya.

Hidup tuh musti seimbang. Kalau capek ya istirahat, ngantuk ya tidur, saatnya kerja ya kerja dong. Intinya bisa memanfaatkan waktu dengan cerdas dan bijak.

4. Terlalu Ambisius

Ambisius sebenarnya gak salah jika bisa ditempatkan dengan pas sesuai porsi buat peningkatan karir. Tapi, kalau terlalu ambisius dalam berkarir sampai-sampai jadi lupa diri bahkan menghalalkan segala cara tuh gak banget deh.

Buat orang-orang kayak gini, gak punya teman di kantor gak masalah yang penting karir bisa naik. Lalu jadi angkuh dan meremehkan rekan-rekan di kantor lainnya. Padahal kerja itu butuh kerjasama tim loh.

Keberhasilan sesuatu dalam perusahaan itu bukan hasil karya seseorang, melainkan kontribusi dari semua karyawan.

5. Gak Dewasa

Pernah dengar kalimat bijak ‘Tua itu pasti, dewasa itu pilihan’ Benar banget tuh! Lihat saja contohnya dalam penggunaan media sosial. Banyak yang suka mengupdate hal-hal yang sifatnya confidential tentang perusahaan atau bos bahkan teman kerja.

Yang lebih parahnya sering menggunakan kata-kata yang gak baik di media sosial bahkan terlalu mengumbar kehidupan pribadi dan adu mulut di media sosial. Di mana dewasanya sih sikap seperti itu?

Mana mungkin diberi kepercayaan dan tanggungjawab lebih oleh perusahaan kalau dari hal-hal sepele saja gak bisa bersikap dewasa.

Mengorbankan Karier demi Traveling 3

6. Terlalu Banyak Teori

Gimana mau dihampiri oleh kesuksesan kalau hanya berangan-angan belaka. Berdiam diri tanpa aksi. Punya teori segudang tapi hanya ada di atas kertas atau disimpan. Ingat ya, semua orang bisa punya ide bagus. Tapi hanya sedikit yang berani merealisasikan idenya.

Jangan banyak bicara sedikit bekerja. Banyak bicara tapi performance kerja nol besar alias NATO = No Action Talk Only. Sifat yang kayak gini tuh harus dibuang jauh-jauh biar gak bikin illfeel atasan dan rekan-rekan kerja lainnya.

Dan masih banyak hal lain yang berpotensi menghancurkan karir kamu atau bikin karirmu stuck, gak bergerak, macet kayak jalanan ibukota.

Jangan biarkan dong hal-hal seperti yang disebutkan di atas menjadi bagian dari kamu. Banyak belajar, buka diri dan jangan pernah putus asa. Buang yang negatif, ambil yang positif. Yakin sama kemampuan diri sambil terus mawas diri.

 

Yang terkait artikel ini:

Realistis Sama Dunia Kerja Biar Hidup Bisa Sukses

Punya Kelemahan Diri di Tempat Kerja Gak Selamanya Harus Dihindari

Buat First Jobber, Nih 11 Skill Management Trainee yang Harus Dikuasai

Load comments