Jumat, 05 Juli 2019

Buka Usaha Modal Kecil Itu Bukan Mustahil, Asal…

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com.

Sebelum membuka usaha, sebaiknya kita melakukan riset terlebih dahulu. Yang jelas, membuka usaha saat ini jauh lebih fleksibel ketimbang zaman dulu.

Buat yang cuma memiliki modal kecil, jangan berkecil hati dulu. Ada beberapa cara untuk memulai usaha dengan modal seiprit, kok!

Berikut ini cara buka usaha yang bisa diambil untuk menyiasati modal yang terbatas itu.

1. Jual titip

Jual titip alias konsinyasi adalah praktik bisnis dengan cara menitipkan produk ke tempat usaha yang sudah berdiri dengan sistem bagi hasil. Persentase hasil tergantung pada kesepakatan, misalnya 80 persen untuk produsen dan sisanya untuk yang dititipi.

Nantinya, yang punya tempat akan menangani penjualan dan memberikan hasilnya setelah laku. Adapun bila gak laku, barang itu harus dikembalikan ke produsen.

Namun cara ini ada risikonya, yaitu barang bisa rusak selagi ditawarkan. Kemungkinan dicuri juga ada. Jadi, pilih tempat jual titip yang bisa diandalkan dan rutin datangi toko, mungkin 2-3 hari sekali.

2. “Marketing freelance”

Marketing freelance di sini artinya dropshipper. Dengan cara buka usaha ini, kita bahkan nggak butuh modal apa pun. Paling untuk bayar data Internet atau pulsa telepon.

Mekanismenya, kita memasarkan produk orang di mana pun, terutama Internet. Setelah ada pesanan, kita hubungi pihak penjual untuk mengirim ke pembeli setelah transferan masuk.

Tentunya kita harus kasih tahu penjual dulu bahwa kita mau jadi dropshipper. Ada yang mirip dengan dropshipper, namanya reseller. Bedanya, reseller harus stok barang sendiri alias modalnya lebih gede.

Sebagai dropshipper, kita harus memastikan barang dari penjual itu berkualitas bagus. Barang juga kudu dipastikan dikirim setelah dibayar. Ini sisi minusnya, karena kita nggak pegang itu barang.

3. Kongsian

Berkongsi bisa meringankan beban berupa modal. Tapi, pastikan kongsi itu bisa dipercaya. Kalau bisa, bikin perjanjian hitam di atas putih soal hak dan kewajiban masing-masing.

Cari kongsi yang pas di hati susah-susah gampang. Harus bersabar jika mau tepat menemukan kongsi yang bisa diajak kerja sama mengembangkan bisnis.

4. Hantam rata

Modal bukan alasan untuk mengurungkan niat buka usaha. Hitung dulu, apa bisnis bisa jalan meski modal baru sedikit. Nggak masalah jalan seadanya dulu.

Sembari mengembangkan usaha, bisa deh cari tambahan modal. Jika usaha itu punya potensi, bank nggak akan ragu memberikan kredit usaha.

Kira-kira begitu lah cara buka usaha dengan modal kecil. Jangan sampai keterbatasan modal membuat kita gagal menjadi pengusaha.

Kalau niat sudah terpancang, halangan soal modal bisa dicarikan solusi kok. Siap jadi pengusaha?

 

Yang Terkait Artikel Ini:

Pakai Kartu Kredit Sebagai Modal Buka Usaha Ratusan Juta Bisa Banget

Nggak Punya Modal Bukan Alasan Buat Gak Membuka Usaha Sendiri

Buka Usaha Sampingan Itu Gak Cuma Perkara Modal Saja Tapi 7 Hal Ini

Load comments