Minggu, 21 Februari 2021

Aplikasi Pembayaran QR Paling Aman Pilihan Pebisnis di Era Modern

Aplikasi Pembayaran QR Paling Aman Pilihan Pebisnis di Era Modern - Memilih aplikasi pembayaran QR yang aman sudah menjadi sebuah keharusan. Terlebih lagi sistem pembayaran non tunai semacam ini memang lagi banyak diminati. Sehingga wajar saja jika kini ada cukup banyak aplikasi pembayaran dengan QR code yang mulai bermunculan.

Kesemuanya pastinya menawarkan keunggulannya masing-masing. Selain itu rata-rata aplikasinya pun bisa didapatkan secara gratis alias tak berbayar. Sebuah terobosan baru yang kini sudah menjadi budaya baru.

Namun satu hal yang tetap harus selalu dikedepankan adalah segi keamanannya. Jangan sampai yang Anda gunakan justru aplikasi abal-abal. Selain merugikan Anda, sudah pasti akan membuat pelanggan merasa dikecewakan.

Pembayaran dengan QR Code

Di zaman yang serba canggih seperti ini sangat mengherankan jika Anda belum tahu apa itu pembayaran dengan QR code. Pembayaran dengan QR ini adalah model pembayaran dengan cara scan code dari HP.

Nah, berbicara mengani pembayaran dengan QR code ini, maka tidak akan pernah lepas dengan yang namanya QRIS atau Quick Respons Code Indonesia Standard. QRIS ini sengaja diluncurkan oleh Bank Indonesia agar semua penyelenggara QR Code bisa saling terhubung atau interoperabilitas.  

Dengan demikian, satu kode QR yang sama dapat di-scan menggunakan aplikasi pembayaran QR yang berbeda-beda. Nah, dalam hal ini dikenal 2 cara pembayaran menggunakan QRIS ini. Kedua cara tersebut adalah:

1. QR Dinamis

QR dinamis umumnya disediakan oleh pihak Bank. Dalam hal ini Anda tidak perlu lagi memasukkan nominal pembayaran. Sebab akan muncul otomatis ketika Anda melakukan scan QR code.

2. QR Statis

Sementara itu QR statis ini umumnya disediakan oleh merchant untuk melayani semua jenis transaksi yang menggunakan QR code. Dalam hal ini Anda harus memasukkan nominal pembayaran saat melakukan transaksi. Sebab tidak muncul otomatis ketika melakukan scan QR code.

Aplikasi Kasir dengan Fitur Pembayaran QR Code

Sampai di sini pastinya Anda sudah memiliki gambaran mengenai aplikasi pembayaran dengan QR code. Dikarenakan kini banyak masyarakat yang lebih suka dengan model pembayaran seperti ini, sebagai pengusaha Anda pun harus menyesuaikannya.

Lalu apa yang harus dilakukan? Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir. Sebab kini ada cukup banyak jenis aplikasi kasir yang bisa digunakan untuk melayani transaksi dengan QR code ini.

Artinya dalam hal ini Anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Pertama adalah bisa mendapatkan keuntungan dari fungsi utama aplikasi kasir. Dan yang kedua adalah bisa dijadikan sebagai media untuk melayani pelanggan yang menggunakan pembayaran non tunai dengan QR code.

Sementara itu untuk aplikasi kasir yang bisa dipilih sebenarnya cukup banyak. Mulai dari yang berbayar hingga yang hanya butuh kuota internet alias gratis. Nah, salah satu aplikasi kasir gratis adalah Youtap.id.

Kenapa aplikasi usaha ini yang direkomendasikan? Selain gratis, ada alasan lainnya juga. Jika melihat aplikasi kasir gratis yang ada, tampaknya aplikasi inilah yang didukung dengan fitur terlengkap.

Beberapa fitur unggulan dari Youtap misalnya seperti fitur penjualan, pencatatan transaksi, laporan penjualan, dan yang pasti adalah pembayaran QR code. Sebagai aplikasi gratis, tentunya secara fitur terbilang yang paling lengkap.

Tetapi jika Anda ingin berlanggan, ada beberapa layanan tambahan yang bisa didapatkan. Misalnya saja seperti Youtap Go, Youtap Pro, dan Youtap Plus. Wajar saja jika dikenal sebagai aplikasi pembayaran QR yang kini paling banyak dipilih.

Load comments